Cara Install Apache Web Server di Windows 7 - GudangILmu19

Search

test banner

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 13 April 2015

Cara Install Apache Web Server di Windows 7



Salam Uchiha | Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menginstall Apache web server pada komputer Anda, terutama dengan OS Windows 7. Mungkin pada awal perkenalan dengan apache, Anda sedikit kebingungan bagaimana cara mendapatkan installer apache dan cara menginstall-nya. Yah sebenarnya itu adalah pengalaman saya sendiri. ko jadi curhat hehehe...

Sedikit penjelasan jika Anda belum kenal dengan si Apache ini :
Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

Oke langsung saja, Berikut Cara Install Apache Web Server di Windows 7 :

Langkah 1
Download terlebih dahulu installer Setup Apache. Buka apache.org/download.cgi lalu scroll kebawah download versi terbarunya. 



File berukuran kurang lebih 4MB

Langkah 2
Setelah berhasil di download. Klik ganda pada Setup untuk mulai proses instalasi.

Langkah 3
Maka akan muncul jendela Instalation Wizard, nah klik saja NEXT pada jendela pertama. Begitu juga pada jendela selanjutnya. Lalu pada bagian Server information isi data sebagai berikut :



Network / Domain  isi dengan nama jaringan atau domain Anda.
Server Name isi dengan nama server.
Administrator  Email Address isi dengan alamat email Anda.
Klik NEXT jika sudah selesai diiisi.

Langkah 4
Pada bagian Setup Type pilih Custom, lalu NEXT



Langkah 5
Lalu pada jendela selanjutnya Custom Setup, Klik Change untuk menentukan dimana lokasi penyimpanan file instalasi.



Langkah 6
Pada bagian Look In cari Drive C:\ lalu buat folder baru dengan menekan tombol New Folder. Beri nama Webserver. Kemudian Klik OK.



Langkah 7
Pastikan pada bagian Folder name terisi C:\Webserver untuk memastikan bahwa semua file instalasi terletak pada folder webserver pada Drive C:\. Klik OK untuk menuju langkah selanjutnya.



Langkah 8
Ready to Install the program ? Klik Install.



Langkah 9
Tunggu proses instalasi berjalan.



Jika sudah, Klik Finish

Setelah Apache di Install sekarang cek apakah Apache sudah berhasil di install pada komputer Anda. Untuk mengeceknya, silahkan Anda buka aplikasi Browser, lalu ketikkan localhost.
Berikut adalah tampilan jika Apache berhasil di install :





Yap Apache Web Server kini telah berhasil di Install di Komputer Anda. Namun jika ketika mengetikkan localhost dan yang tampil adalah Web Server IIS7 maka perlu Anda disable terlebih dahulu IIS7 pada komputer Anda. Untuk men-disable IIS7 silahkan baca pada postingan selanjutnya :
Cara Disable IIS7 

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar