Area kerja 3ds max
1.
Menu, berisi berbagai macam perintah
dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya
hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
2.
Tool
Reactor,
berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi
reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create
> Helpers > reactor
3.
Command
Panel, berisi
perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang
kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu
objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku
panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di
bawah biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan
istilah rollout.
4.
Viewport, merupakan area atau layar
tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga
dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut
pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top,
bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang
aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut
adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5.
Main
toolbar,
dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam
memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar
seperti tampak pada gambar di bawah ini :
a. Undo berfungsi sebagai history pallete
atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan kebalikan dari undo
c.
Select
and link
berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu
ikatan antara objek tersebut.
d.
Unlink
selection
merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan
tersebut.
e.
Bind
to space warp
merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek
tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f.
Selection
filter
merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan
dipilih.
g.
Select
object
digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h.
Select
by name
digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i.
Select
and move
digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j.
Select
and rotate
digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k.
Select
and scale
digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l.
Use
center flyout
digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses
transformasi.
m.
Mirror
digunakan
untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n.
Layer
manager
digunakan untuk mengatur layer
o.
Curve
editor
digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p.
Material
editor
merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita
buat
q.
Render
scene dialog
digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
1.
Time
Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain
terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga
beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui,
yaitu :
a.
Time
Slider
Prinsipnnya
sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu
untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh
keyframe. Bisa juga kita fahami fungsinya untuk melakukan perubahan
animasi pada suatu objek.
Mungkin Cuma ini yang bisa saya bagikan...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar